logoblog

Cari

Deklarasi Gerakan UMKM NTB Bangun Kembali

Deklarasi Gerakan UMKM NTB Bangun Kembali

“ini adalah ikhtiar para UMKM, kita merasakan hampir 2 bulan merasa sempat tertidur dengan kondisi kita di timpa bencana gempa. Kami

Ekonomi

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
30 September, 2018 22:16:18
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 10965 Kali

“ini adalah ikhtiar para UMKM, kita merasakan hampir 2 bulan merasa sempat tertidur dengan kondisi kita di timpa bencana gempa. Kami dari TDA (Tangan Di Atas) membuat sebuah kegiatan yang dinamakan TDA Peduli dan kami turun kelapangan membantu korban dengan beberapa program dan kami menemukan keluhan-keluhan dari temen UMKM yang tiba-tiba berhenti bisnisnya, akibat hampir 1,5 bulan gempa yang terus menerus mengakibatkan ada 2 dampak yang di alami oleh UMKM, pertama UKM yang berdampak langsung sebagian UMKM kita di pusat gempa berhenti beroperasi , berporduksi,kehilangan bahan baku, infrastruktus bisnis , kehilangan sarana prasarana. Selain itu di temen ukm di sector pariwisata sudah mulai merumahkan karyawanya bahkan sampai 6 bulan, 12 bulan dan ini fakta yang kita hadapi.Ada UMKM yang tidak kena dampak langsung, seperti di Kota Mataram tapi pasarnya juga tiba-tiba berhenti.”. Demikain disampaikan oleh Koordinator TDA sekaligus penggerak Deklarasi Gerakan UMKM NTB Bangun Kembali Annas Amrullah saat digelarnya Deklarasi Gerakan UMKM NTB Bangun kembali di Tugu Bumi Gora Udayana Mataram. 30 September 2018.

Anas mengatakan , untuk itu dicoba dengan menggagas dengan sebuah gerakan dalam platform bahwa semua UKM yang terlibat dalam gerakan ini harus meregistrasi atau mendaftar ke gerakan ini, karna dari gerakan ini Gerakan UMKM Bangun Kembali ini akan membuat data base atau profile dari pengusaha itu.

Sementara Kadiskop UKM NTB yang mewakili Sekda NTB H.Lalu saswadi menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya atas inisiatif Deklarasi Gerakan UMKM NTB Bangunt Kembali terhadap UMKM di NTB.

Kara Saswadi data UMKM yang terdampak gempa Lombok di 5 Kabupaten Kota di pulau Lombok sebanyak 48.866 ribu belum termasuk di 2 kabupaten yakni Kab Sumbawa dan Kab Sumbawa Barat.

“Kita tahu bahwa UMKm inilah yang menggerakkan ekonomi kita sesungguhnya, dari yang jual bakulan itu sudah termasuk mikro. Di KLU, jangankan usahanya, rumahnya juga hancur , maka bisa dikatakan hampir 95% UMKM kita yang hancur. Kalo di Lombok Barat hanya 4 kecamatan terdampak. Bisa dibilang hampir 50.000 ribuan UMKM kita yang hancur termasuk yang di pulau Sumbawa”. Kata Saswadi

Lanjut Saswadi, Diskop UKM NTB telah melakukan untuk membantu UMKM terkait dengan KUR, dimana Bank-bank penyalur KUR dan difasilitasi oleh kanwil perbendahraan NTB bahwa untuk UMKM yang mendapat kredit KUR dilakukan penundaan pembayaran dan penurunan suku bunga, bahkan dari Diskop UKM NTB meminta agar dihapus karna besarannya kisaran 800 milyar.

 

Baca Juga :


usai memberikan sambutan, Kadiskop UKM NTB, Kadiskop, UKM Kota Mataram bersama TDA,ACT,PT.Angkasa Pura,Perbankkan dan beberapa organisasi lembaga lainnya membubuhkan tanda tangan di papan Deklarasi Gerakan UMKm NTB Bangun Kembali.

 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan