logoblog

Cari

Tutup Iklan

Nelayan Tanjung Luar Abaikan Hoax Tsunami

Nelayan Tanjung Luar Abaikan Hoax Tsunami

Gempa susulan yang bertubi-tubi datang mengguncang  Pulau Lombok dan sekitarnya tidak mempengaruhi aktivitas nelayan di Tanjung Luar, Kecamatan Kruak, Kabupaten Lombok

Ekonomi

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
04 September, 2018 13:49:59
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2822 Kali

Gempa susulan yang bertubi-tubi datang mengguncang  Pulau Lombok dan sekitarnya tidak mempengaruhi aktivitas nelayan di Tanjung Luar, Kecamatan Kruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

"Pekerjaan nelayan masih berjalan seperti bisanya walaupun gempa bumi banyak kali datang mengguncang," ujar Hamzanwadi, salah seorang nelayan asal Pulau Maringkik dengan semangatnya membawa hasil tangkapan ikan di Pasar Pelelangan Ikan Tanjung Luar.

Kendati demikian, para nelayan Tanjung Luar dan nelayan Maringkik tetap waspada dengan gempa susulan yang kekuatannya lebih besar.

Agar para nelayan tetap menjalankan aktifitas kerja, Hamzanwadi menghimabau kepada nelayan lain agar tidak perlu panik dan jangan mempercayai informasi tsunami yang tidak jelas atau hoax.

Hamzanwadi menjelaskan bahwa aktivitas nelayan di tengah laut masih seperti biasa. Demikian juga dengan aktifitas transaksi jula beli ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Luar masih tetap berjalan seperti biasanya.

“Kondisi gelombang tidak menunjukan ada perubahan setelah gempa berlangsung. Tidak ada tanda-tanda tsunami yang terlihat pada air laut,” ujar Daeng Liwang yang juga selaku nelayan yang pada tahun 1978 sempat melihat perubahan gelombang air laut ketika usai gempa dan terjadi tsunami di Awang, Kecamatan Mujur, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

 

Baca Juga :


"Nelayan sudah paham dengan kondisi alam dan jika ada potensi terjadinya tsunami pasti ada perubahan pada gelombang air laut,” ujar Daeng Liwang lebih lanjut.

Selain itu, kurangnya nelayan yang melaut yaitu bukan karena adanya serangan gempa yang berkali-kali, melainkan cuaca angin sekarang lagi kurang bersahabat. Hal ini tentu berpengaruh terhadap kuantitas jumlah ikan yang masuk di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Luar.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan