logoblog

Cari

Tutup Iklan

Gempa Susulan Tak Pengaruhi Kinerja Nelayan

Gempa Susulan Tak Pengaruhi Kinerja Nelayan

Musibah gempa bumi yang melanda pulau Lombok dan Sumbawa. Tak lantas mempengaruhi aktifitas masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Nelayan di pesisir Ampenan terus

Ekonomi

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
27 Agustus, 2018 14:58:46
Ekonomi
Komentar: 1
Dibaca: 3570 Kali

Musibah gempa bumi yang melanda pulau Lombok dan Sumbawa tak lantas mempengaruhi aktifitas masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Nelayan di pesisir Ampenan terus melaut untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga.

Salah satu aktifitas perekonomian masyarakat yang masih tetap eksis, pasca gempa bertubi- tubi mengguncang pulau Lombok adalah aktifitas pemindangan ikan tongkol warga pesisir pantai Ampenan. Ditempat ini, masyarakat seakan tidak terpengaruh akan gempa yang terjadi dan tetap melanjutkan aktifitas seperti biasanya. 

Marlina salah seorang pemindang ikan di pondok nelayan prasi Ampenan kota Mataram, mengaku tetap beraktifitas seperti biasanya. Meski masih ada perasaan khawatir akan gempa susulan. 

"Masih ada perasaan takut. Tapi mau bagaimana lagi. Kalau tidak dikerjakan, kita mau makan apa. Jadi meskipun gempa, kita tetap memindang ikan. Lama- lama saya terbiasa juga dengan gempa ini," ujar ibu dua orang anak tersebut, Senin (27/08/18).

Sejak terjadinya gempa pertama berkekuatan 7.0 SR. Marlina sudah merasa terbiasa. Karena yang ada dalam pikirannya saat ini adalah bagaimana bisa tetap menafkahi kedua putranya. 

 

Baca Juga :


"Salah satu mata pencaharian saya hanya pemindangan ikan ini, sudah sejak 4 tahun lalu. Saya tidak ada aktifitas lain," imbuhnya.

Harga ikan pasca terjadinya gempa lebih murah dibanding biasanya. Jika sebelumnya mencapai Rp.25.000 per 5 ekor ikan. Saat ini, 5 ekor ikan dibandrol dengan harga Rp.10.000- Rp.15.000. Sementara untuk harga ikan perbijinya Rp.5000- Rp.7500 rupiah. 

Warga pondok prasi berharap. Musibah gempa bumi ini segera berakhir. Sehingga aktifitas baik perekonomian maupun sosial warga bisa berjalan normal seperti sebelumnya.(Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    04 September, 2018

    paragraf kedua.....?


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan