logoblog

Cari

Bumdes Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Baru

Bumdes Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Baru

KM Manggelewa Dompu - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan

Ekonomi

KM. Manggelewa
Oleh KM. Manggelewa
26 Agustus, 2018 23:30:08
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2193 Kali

KM Manggelewa Dompu - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pelaku ekonomi yang mengelola potensi desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa diproyeksikan muncul sebagai kekuatan ekonomi baru di wilayah perdesaan di Nusa Tenggara Barat.

“BUMDes yang merupakan wadah usaha milik Desa memiliki semangat kemandirian, kebersamaan, dan kegotong-royongan antara pemerintah Desa dan masyarakat untuk mengembangkan aset-aset lokal untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan desa. “Kata Taufik, Kepala Desa Dorokobo Kecamatan Kempo yang juga Ketua Forum BUMDes Provinsi NTB terpilih kepada KM Manggelewa, minggu (26/8/2018).

Dikatakan, di Nusa Tengara Barat BUMDesNya ada yang menjalankan bisnis simpan-pinjam (keuangan mikro) dan usaha lainya. Namun, sebelum lahirnya kebijakan di atas, inisiatif BUMDes sudah muncul di sejumlah daerah dengan nama yang berbeda-beda, tapi mereka memiliki prinsip dan tujuan yang sama.

“Di Kabupaten Dompu misalnya  BUMDes bisa kita kelola secara profesional, karena ada banyak Desa yang memiliki SDA melimpah seperti, Desa Saneo dengan membuka usaha pelayanan air minum. Hasil usaha itu nantinya dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.di kecamatan Kilo BUmdes bisa Memanfaatkan Wisata DEsanya “Kata Taufik  sebagai Ketua Forum BUMDes NTB..

Diakuinya, penataan kelembagaan desa dalam format kepemerintahan dan perekonomian desa belum berjalan secara maksimal sehingga BUMDes di NTB kurang maksimal.

“Keterbatasan kapasitas sumber daya manusia di desa untuk mengelola dan mengembangkan BUMDes yang akuntabel dan berkinerja baik sangat mempengaruhi pengembangan BUMDes di Nusa Tenggara Barat. ”Ungkapnya.

 

Baca Juga :


Disatu sisi, rendahnya inisiatif lokal untuk menggerakkan potensi ekonomi lokal bagi peningkatan kesejahteraan sosial dan ekonomi warga desa. Serta belum berkembangnya proses konsolidasi dan kerjasama antar pihak terkait untuk mewujudkan BUMDes sebagai patron ekonomi yang berperan memajukan ekonomi kerakyatan.

Dia menambahkan, secara substansial keberadaan BUMDes ikut mendorong desa sebagai subjek pembangunan secara emansipatoris untuk pemenuhan pelayanan dasar kepada warga, termasuk menggerakan aset-aset ekonomi lokal.

“Posisi BUMDes menjadi lembaga yang memunculkan sentra-sentra ekonomi di desa dengan semangat ekonomi kolektif. “Terangnya.(ril)



 
KM. Manggelewa

KM. Manggelewa

Nama ; Opick Manggelewa Alamat : Manggelewa - Dompu - NTB Kordinator Kampung media manggelewa - dompu - NTB 081 337 202 155 Email kampungmedia_manggelewa@yahoo.com opick_manggelewa@yahoo.co.id. opik.manggelewa@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan