logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jelang Idul Adha, Karantina Sumbawa Pastikan Sapi Potong Sehat

Jelang Idul Adha, Karantina Sumbawa Pastikan Sapi Potong Sehat

Sumbawa (15/7) – Kebijakan Tol Laut Presiden Joko Widodo sangat dirasakan manfaatnya bagi para pengusaha ternak di Pulau Sumbawa. Kehadiran KM.

Ekonomi

Tri Suparyanto
Oleh Tri Suparyanto
17 Juli, 2018 14:35:15
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 1258 Kali

Sumbawa (15/7) – Kebijakan Tol Laut Presiden Joko Widodo sangat dirasakan manfaatnya bagi para pengusaha ternak di Pulau Sumbawa. Kehadiran KM. Camara Nusantara dalam melalulintaskan ternak secara khusus mampu menjaga kualitas kesehatan hewan ternak dari Pulau Sumbawa ke daerah tujuan tetap terjaga baik.

Menjelang Idul Adha frekuensi pemeriksaan hewan ternak oleh petugas Karantina Sumbawa di pelabuhan laut Bima meningkat. Dalam seminggu terakhir tercatat 2.800 ekor sapi potong dari Bima akan diberangkatkan ke Jakarta. Pengiriman sapi potong asal Sumbaawa tersebut untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di daerah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Sekitarnya.

Oleh karena peran Karantina Sumbawa sangat penting dalam memastikan bahwa sapi potong tersebut dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi. Menurut Ardiyanto, dokter hewan Karantina Sumbawa Wilker Pelabuhan Laut Bima, Pemeriksaan fisik, dokumen dan alat angkut dilakukan sesuai Standar Operasional Procedure (SOP) pada setiap media pembawa yang dilalulintaskan.

"Pemeriksaa laboratorium dengan pengujian RBT (Rose Bengal Test) dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit Brucellosis, selain itu juga uji ulas darah sederhana untuk deteksi penyakit Anthrax dan Tripanosoma" imbuhnya.

 

Baca Juga :


Ada 3 kapal tol laut yang yang disiagakan di pelabuhan laut Bima, yaitu KM. Camara 4, 5 dan 6.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan