logoblog

Cari

Diklat Koperasi Syariah

Diklat Koperasi Syariah

Dinas Koperasi UKM NTB kembali mengadakan Diklat di Balatkop NTB. Tadi pagi sebanyak 60 orang berasal dari 10 Kabupaten Kota Se

Ekonomi

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
10 Juli, 2018 16:48:05
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 10098 Kali

Dinas Koperasi UKM NTB kembali mengadakan Diklat di Balatkop NTB. Tadi pagi sebanyak 60 orang berasal dari 10 Kabupaten Kota Se NTB dididik dan dilatih untuk pengembangan kelembagaan koperasi syariah yang berlangsung selama 5 hari dari tanggal 9 s/d 13 april 2018.

Ketua panitia penyelenggara Diklat Baiq Mardiana dalam laporannya mengatakan tujuan diadakan diklat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kelembagaan koperasi syariah, meningkatkan jumlah koperasi syariah baik melalui pembentukan baru maupun dari peralihan koperasi pola konvensional menjadi koperasi syariah serta meningkatnya kemampuan dan keterampilan pengelolaan koperasi syariah.

Adapun tenaga pengajar dalam diklat ini kata Mardiana berasal dari pejabat structural Dinas Koperasi UKM NTB, Dosen UIN Mataram dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Mataram.

Kepala Dinas Koperasi UKM NTB H.Lalu Saswadi saat membuka diklat mengatakan diklat yang dilksanakan hari ini untuk menambah jumlah koperasi yang ada di NTB. Jumlah koperasi di NTB sampai saat ini berjumlah 321 Koperasi syariah masih kurang dari target 500 Koperasi Syariah sejak kepemimpinan Gubernur NTB KH.Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB H.Muh.Amin dari tahun 2014 sampai dengan 2018.

“Kita terus mencari dan berikhtiar dari gerakan-gerakan koperasi yang baru tumbuh termasuk gerakan koperasi yang konvensial hijrah ke koperasi syariah sedangkan untuk tahun ini pembinaan yang dilakukan di Balatkop NTB sebanyak 120 orang yang mengarah ke koperasi syariah”. Kata Saswadi

 

Baca Juga :


Disamping itu kata Saswadi, bahwa gerakan koperasi ini sangat diharapkan sebagai penopang ekonomi masyarakat di NTB. Saswadi pun mengakui pembinaan yang dilakukan sangat kurang, oleh sebab itu kepada gerakan koperasi di mohon dengan sangat jika ada yang kurang diminta aktif bertanya atau datang berkomunikasi kepada Dinas koperasi ukm NTB atau Dinas KOperasi UKM Kabupaten Kota se NTb sehingga apa yang menjadi kendala dalam harapan temen-temen penggerak koperasi dapat diselesaikan.

Di contohkan Saswadi, untuk dipahami bersama, jangankan temen-temen , bank NTB saja belum maksimal dalam menata pola syariah walaupun memiliki SDM yang terlatih, paling tidak digerakan koperasi sudah punya niat untuk bersyariah sehingga bagaimana berkoperasi syariah sesuai dengan tuntunan yang ada mari untuk sama sama terus sekolah dan berikhtiar []

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan