logoblog

Cari

Tutup Iklan

Nilai Ekspor NTB Tahun 2018 Mengalami Penurunan

Nilai Ekspor NTB Tahun 2018 Mengalami Penurunan

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB menggelar rapat perkembangan Exspor Impor di Provinsi NTB, rapat yang di hadiri oleh kepala Bidang

Ekonomi

Suparman
Oleh Suparman
17 April, 2018 07:02:17
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 697 Kali

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB menggelar rapat perkembangan ekspor impor di Provinsi NTB, di ruang rapat BPS, Senin (16/04). Rapat dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik Diskominfotik NTB, perwakilan dari Dinas Perdagangan, perwakilan Dikbud NTB dan perwakilan Bank Indonesia (BI) cabang NTB.

Kepala BPS NTB, Ir. Endang Tri Wahyuningsih, MM, mengatakan, ekspor pada bulan Maret 2017 mencapai 135.640 juta, sedangkan untuk ekspor bulan Maret 2018 mengalami penurunan hingga pada angka 14.911 juta.

"Kita masih sangat jauh untuk ekspor di NTB," ungkapnya.

Peningkatan jumlah ekspor di Provinsi NTB  akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi daerah. Sebab, dengan adanya ekspor akan meningkatkan nilai jual bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk semua jenis barang ekspor impor di NTB,  sebanyak 13.820 juta untuk jumlah impor  pada bulan Maret 2018 lebih besar, jika dibandingkan dengan Maret 2017 hanya sebesar 8.341 juta. Sedangkan, pada maret 2018 mengalami penurunan untuk nilai ekspor dan mengalami peningkatan untuk nilai impor.

 

Baca Juga :


Sementara itu, pemerintah Provinsi  NTB tidak mengharapkan nilai impor mengalami peningkatan. Sebab potensi untuk semua jenis barang di NTB mengalami peningkatan.  Akan tetapi, pemerintah lebih menekankan untuk nilai ekspor mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Lanjut Endang, bahwa Terdapat 5 negara tujuan dan komoditi exspor utama Maret 2018 adalah Korea Selatan dengan ekspor barang tambang, Jepang dengan exspor barang tambang, Philipina dengan ekspor jagung, Hongkong dengan exspor perhiasan permata dan China dengan exspor ikan dan udang. 

Adapun tiga besar jenis barang ekspor yang menjadi prioritas utama di NTB adalah barang tambang/galain non migas, jagung dan perhiasan permata. ()



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan