logoblog

Cari

Tutup Iklan

Door Prize Umroh Ditiadakan

Door Prize Umroh Ditiadakan

GERUNG-KM. Seperti tahun sebelumnya, gelaran Rapat Akhir Tahun (RAT) Koperasi PNS Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat (Lobar) selalu ditunggu anggotanya.

Ekonomi

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
29 Maret, 2018 13:25:53
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2295 Kali

GERUNG-KM. Seperti tahun sebelumnya, gelaran Rapat Akhir Tahun (RAT) Koperasi PNS Patut Patuh Patju Kabupaten Lombok Barat (Lobar) selalu ditunggu anggotanya. Bukan saja menunggu kegiatan seremonialnya, tetapi juga menunggu momen pencabutan door prize utama berupa umroh. Namun tahun 2018 ini hadiah umroh ditiadakan. Alasannya, karena ongkos umroh melonjak naik dibanding tahun 2016 lalu. Kegiatan RAT berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Lobar di Giri Menag-Gerung, Kamis (29/3).

Pengurus Koperasi memerikan solusi. Hadiah umroh tahun 2018 ini, bisa saja diberikan. “Hadiah umroh bisa saja kita berikan dengan syarat pipti-pipti, setengahynya dibayar pemenag,” jelas Ketua Koperasi Tripat H.Muslihin Abdi. Dia berargumen dengan alasan, usaha yang dimiliki mengalami penurunan. Dari sisi permodalan turun drastis lantaran piutang macet cukup tinggi.

Ditiadakannya hadiah umroh ini, tidak berdampak pada seluruh anggota yang hadir. Cuma mereka mengimnginkan, jika umroh ditiadakan, maka Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diterrima anggota menjadi meningkat, demikian pula dengan doorprize yang lain, tentu meningkat dan semakin banyak. “Prinsipnya kami menerima ditiadakannya hadih umroh, tapi SHU dan hadiah-hadiah yang lain bisa diperbanyak,” harap Kabag Pemerintahan Setda Lobar, H.Hamka yang hadir selaku anggota.

Pihak penguruspun meng-iyakan keinginan anggota. Namun diharapkan, aktivitas pinjaman anggota supaya ditingkatkan. Karena sejatinya, dari sisi unit simpan pinjam ini salah satu asset dalam pengadaan permodalan.

Menurut laporan Muslihin, macetnya piutang terutama dari sektor simpan pinjam berdampak pada menurunnya keuntungan. Penyebabnya adalah, aktivitas anggota jarang melakukan transaski pinjaman. Penurunannya mencapai 15 persen dari tahun 2016. Demikian pula dengan perkembangan anggota. Semula berjumlah 1.027 orang. Namun setelah dilakukan rasionalisasi, berkurang menjadi 684 orang. Penyebabnya berpariatif. Ada yang keluar karena inisiatif sendiri dan dikeluarkan karena pindah tugas ke luar Lobar. Bahkan anggota dari KLU pun sengaja datang, sekedar untuk menyampaikan pengundurannya sebagai anggota.

Data yang dimiliki pengurus Koperasi Tripat, Neraca per 31 Desember 2017 adalah, Aktiva lancer sebesar Rp.2.089.605.344. Penyertaan Rp.600.000, Aktiva tetap Rp.1.151.985.483. Kewajiban lancar yang terdiri dari hutang dagang, dana SHU. simpanan sukarela dan hutang pihak ketiga mencapai Rp.811.845.137.

 

Baca Juga :


Neraca untuk Ekuitas yang terdiri dari cadangan koperasi, simpanan pokok, simpanan wajib, donasi dan SHU tahun berjalan mencapai Rp.2.241.985.484. Jika dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, total pasiva mencapai Rp.3.297.946.585. Sedangkan tahun 2018 mencapai Rp.3.241.985.484.

Di tempat yang sama, Pjs.Bupati Lobar melalui Ataf Ahli bidang Ekonomi dan SDM, Drs.H.Mahyudin berharap, dengan kegiatan RAT ini geliat Koperasi Tripat kian membaik terutanma dari sisi kesejahteraan anggota. Karena salah satu indikator dari jalannya koperasi adalah, berani menggelar RAT baik dalam keadaan rugi maupun untung, harus dilaporkan kepada anggota. “Intinya koperasi Tripat harus unggul, pasarnya jelas dan jangan hanya kegiatan yang monoton,” pintanya. []

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan