logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pers Realese Gebyar Produk Umkm

Pers Realese Gebyar Produk Umkm

Pers Release untuk Gebyar Produk UMKM tanggal 14 Maret dan Peresmian BUMDes Mart tanggal 21 Maret 2018     TEROBOSAN PEMERINTAH

Ekonomi

moch.masykur
Oleh moch.masykur
13 Maret, 2018 20:00:50
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 3179 Kali

Tidak bisa dipungkiri bahwa peluang pasar beragam produk dan komoditas UMKM di kabupaten Lombok Utara sangat lah besar. Namun masih banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha untuk bisa memperoleh sampai dengan memenuhi akses pasar tersebut secara berkelanjutan.

Sebagai salah satu motor penggerak ekonomi, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara terus melakukan inovasi dalam pengembangan sektor pariwisata termasuk menyiapkan 8 destinasi baru selain ketiga pula Gili.

Selain pasar umum (masyarakat), pasar di sektor pariwisata membutuhkan berbagai komoditas sekaligus produk olahan yang berkualitas baik., terutama dan terpenting adalah diproduksi oleh UMKM Lombok Utara.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara fokus pada pemberdayaan di tingkat desa. Menjadikan desa sebagai lokus utama pengembangan ekonomi yang dampaknya juga akan dirasakan oleh UMKM desa.

Sejumlah terbosan yang saat ini telah dijalankan oleh Pemkab Lombok Utara bekerjasama dengan KOMPAK dan PT. Usaha Desa Sejahtera (swadesa.co.id) adalah:

Pertama, menyiapkan BUMDes Mart di 6 desa, minimarket atau retail modern yang dimiliki oleh desa. Ke-enam BUMDes Mart akan diresmikan oleh Bapak Bupati di bulan Maret 2018. Ditargetkan ada 11 BUMDes Mart berdiri di tahun 2018 ini. BUMDes Mart nantinya akan menjadi tempat pemasaran beragam produk UMKM Lombok Utara, termasuk hasil pertanian. BUMDes Mart dirancang bukan menjadi pesaing toko/kios/warung milik warga tetapi mitra untuk bersama-sama menggerakkan ekonomi lokal.

 

Baca Juga :


Kedua, menyelenggarakan Gebyar Produk UMKM Lombok Utara pada tanggal 14 Maret mendatang di Gedung Serbaguna Gondang. 100 UMKM akan memasarkan beragam produk olahan makanan, komoditas unggulan dan juga kerajinan pada pameran terbesar di tahun 2018 ini. Pameran ini sekaligus menjadi ajang seleksi produk-produk yang akan dipasarkan di BUMDes Mart. Seluruh produk yang dijual di BUMDes Mart akan melalui proses kurasi dan akan terus dimonitor perkembangan pasarnya.

Ketiga, meningkatkan akses pasar, kualitas produk dan manajemen usaha dari UMKM di Lombok Utara agar segera “naik kelas”. Melalui diagnosa yang dilakukan pada pameran nanti dan dilanjutkan dengan pendampingan, akan diketahui UMKM mana yang akan akan didampingi dan apa yang harus ditingkatkan dari produk atau usaha mereka. Pendampingan akan lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masing-masing UMKM.

Diharapkan dengan ketiga terobosan tersebut, masyarakat desa terutama para pelaku usahanya dapat merebut peluang-peluang yang ada dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Untuk itu dibutuhkan kerja keras dari pemerintah kabupaten, BUMDes, dan juga para UMKM, serta dukungan multi stakeholder agar hasil yang dicapai dapat maksimal. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan