logoblog

Cari

Pakan Ikan NTB Didatangkan dari Jawa

Pakan Ikan NTB Didatangkan dari Jawa

Pakan bagi budidaya perikanan di NTB, secara keseluruhan masih didatangkan dari Jawa. Hal tersebut dikarenakan daerah, masih belum mampu membuat budidaya

Ekonomi

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
06 Februari, 2017 13:11:53
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 12253 Kali

Pakan bagi budidaya perikanan di NTB, secara keseluruhan masih didatangkan dari Jawa. Hal tersebut dikarenakan daerah, masih belum mampu membuat budidaya pakan mandiri secara keseluruhan. “Untuk pakan secara keseluruhan kita masih datangkan dari jawa, dan kita sudah punya agennya disini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, Ir. L. Hamdi, M.Si di Mataram Senin.

Menyinggung Gerakan Pakan Mandiri (Gerpari), Hamdi mengungkapkan bahwa program pakan mandiri yang telah dikembangkan hingga saat ini masih berfokus di jenis ikan air tawar. Hal tersebut, karena untuk jenis ikan lainnya, memiliki standar kandungan zat dan protein yang berbeda serta memilki kandungan lebih tinggi. “Karena untuk jenis ikan air laut dan air payau itu butuh kandungan zat dan protein yang lebih tinggi. Dan butuh bahan yang lebih terseleksi. Jadi untuk memproduksi itu disini, kita masih belum bisa,” katanya.

Ditambahkannya, dukungan dan upaya yang dapat dilakukan pihaknya untuk mengembangkan Gerpari adalah, dengan memberikan bantuan alat penggiling dan pencetak pada penggiat budidaya ikan. Namun khusus di kisaran budidaya air tawar. "Kedepannya, Gerakan Pakan Mandiri (Gerpari) akan terus dikembangkan untuk meningkatkan produksi pasar di sektor perikanan. Terutama untuk meminimalisir kerugian para penggiat budidaya ikan yang selama ini masih mendatangan pakan dari luar daerah," ujarnya. (wardi).

 

Baca Juga :




 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan