logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ngasek Tradisi Tanam Padi Bilok Petung

Ngasek Tradisi Tanam Padi Bilok Petung

 KM. Sajang Bawak Nao _ Bilok Petung Merupakan daerah perbukitan yang ada di wilayah Kecamatan Sembalun, wilayah Desa Bilok Petung yang

Ekonomi

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
12 Desember, 2016 19:45:33
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 17652 Kali

 KM. Sajang Bawak Nao _ Bilok Petung Merupakan daerah perbukitan yang ada di wilayah Kecamatan Sembalun, wilayah Desa Bilok Petung yang berada di bawah Wilayah desa sajang juga memiliki kekayaan dari hasil perkebunan, dimana perkeebunan yang ada di Bilok Petung adaalah merupakan kekayaan budi daya jambu mente. 

Selain memiliki kekayaan perkebunan jambu mente, Masyarakat Bilok Petung Juga menanam Padi di kebun yang berbukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 650 MDPL, tanaman padi tersebut bmemiliki keunikan terseniri.  Teknik penanaman padi di Bilok Petung Menggunakan sistim Asek yang sering dikenal oleeh masarakat dengan sebitan Mengasek, Asek isini memiliki arti lubang kecil yang beraturan sedangkan mengasek adalah membuat atau sedang mmembuat lubang tempat penanaman padi. 

Lahan yang akan di Tanami padi ika menggunakan sistim mengasek tidak perlu untuk di bajak cukup dengan cara di bersihkan gulma atau rumput liar yang menghalangi.  Padi yang ditanam di daerah perukitan ini yaitu dengan sistim mengasek tidak perlu untuk melakukan pembibitan atau membuat anak padi karena lahan yang di Tanami berbukit dan Cuma mengandalkan nusim hujan, daerah berbukit merupakan daerah tadah hujan yang hanya mengandalkan hujan untuk melakukan pengairan kebun. 

 

Baca Juga :


Setelah dilakukannya pengasekan, bbiji padipun ditanam di lubang-lubang kecil yang dibut oleh tim pengasek, pengasek disini diartikan sebagai orang yang mengejakan asekan, tim pengasek beda dengan timpenanaman bibit, masing masing- memiliki pekerjaan sendiri sendiri. 

Padi yang di tanam secara asek juga memiliki cara pemanenan yang berbeda pula, jika padi yang ditanam di lahan sawah yang ber air dengan cara dicabit maka padi asek yang di tanam di lahan perkebunan yang tadah hujan dipanen dengan cara di patak dan di ikan menjadi rerek atau cekalan.  Jenis pai yang di tanampun berbeda, padiyang di tanam di daerah bilok petung ini jenis padi yang berbuluatau dikenal oleh masyarakat sekitar dengan ssebutan pade bulu. 

Jika anda penasaran engan sistim mengasek anda bisa datang langsung ke bilok petung untuk ,mencoba cara penanaman paddi  yang unik ini. () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan