logoblog

Cari

Kemenhub Segera Atur Kapal Cepat Bali-Lombok

Kemenhub Segera Atur Kapal Cepat Bali-Lombok

Kementerian Perhubungan RI tidak bisa melarang keberadaan kapal cepat dari Bali menuju tiga gili di Lombok. Untuk itu, kementerian akan mengatur

Ekonomi

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
03 November, 2016 12:58:12
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 11884 Kali

Kementerian Perhubungan RI tidak bisa melarang keberadaan kapal cepat dari Bali menuju tiga gili di Lombok. Untuk itu, kementerian akan mengatur keberadaan kapal cepat tersebut agar tidak menjadi persoalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ia akan melihat lagi duduk permasalahannya. Sebab masing-masing pelaku usaha punya tujuan dan konflik tertentu. Untuk itu, dalam kasus ini kementerian tidak bisa menyatakan salah atau benar terhadap para pengusaha. Jalan tengah yang bisa dilakukan adalah dengan dudukan bersama membedah permasalahannya.

”Setelah kita dudukan permasalahannya, mungkin (diatur) kamu lewat sini, jangan lewat sini, kan gitu” kata Budi saat kunjungannya di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Minggu (30/10).

Baginya, masalah tersebut hanya persoalan rivalitas antar pengusaha saja, antara yang punya kapal biasa dan kapal cepat. Pengusaha yang punya kapal biasa merasa terganggu. ”Tidak boleh saling mengiri,” katanya.

Budi menegaskan, kementerian perhubungan dalam hal ini akan membantu menata agar jalur-jalur pelayaran di kawasan tersebut aman dan menguntungkan semua pihak. Tapi ia tidak bisa melarang, sebab kapal cepat juga bagus untuk mempermudah penumpang atau wisatawan.

 

Baca Juga :


Karena itu ia meminta kepada masyarakat yang punya kapal dengan kecepatan biasa harus open mind. ”Saya tidak katakan mana yang benar, tetapi harus membuka diri, nanti tugaskan dinas perhubungan,” pintanya

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) NTB Lalu Bayu Windya menjelaskan, penertiban akan tetap dilakukan. Langkah ini menurutnya tidak bertentangan dengan kementerian, sebab penertiban tersebut dilakukan dalam rangka menjamin keselamatan penumpang. ”Kita tidak bermaksud mematikan usaha orang. Tapi yang paling penting aspek keselamatan,” katanya.

Berdasarkan kewenangan yang ada pada Pemprov NTB, pemerintah daerah akan mengatur supaya rute kapal cepat dari pelabuhan ke pelabuhan, tidak main terobos langsung ke gili. ”Karena kita juga ingin melindungi kawasan konservasi alam yang ada di situ,” tandasnya. (wardi) - 05



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan