logoblog

Cari

Trik Jitu Memulai Usaha

Trik Jitu Memulai Usaha

Tepat jam satu siang. Mata mendapat tantangan. Karena pada jam seperti ini, waktunya mata dipejamkan. Dengan kekuatan maksimal dan mengucapkan bismillah,

Ekonomi

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
20 September, 2016 08:52:52
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 9197 Kali

Tepat jam satu siang. Mata mendapat tantangan. Karena pada jam seperti ini, waktunya mata dipejamkan. Dengan kekuatan maksimal dan mengucapkan bismillah, rasa kantuk pun hilang.

Kali ini kami mendapat materi Pemanfaatan Teknologi Informatika Sebagai Peluang Ekonomi. Made Ari Diatmika ditunjuk sebagai narasumber. Salah satu pengelola media sosial infolombok.

Bli Bi biasa disapa demikian dijejaring internet, menuturkan bahwa banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan melalui internet.

Pertama, arsitektur. Biasanya berhubungan dengan desain bangunan, konstruksi hingga taksiran anggaran yang dibutuhkan. Kedua, pasar barang seni. Banyaknya hasil kreasi seni tidak cukup jika hanya di pasarkan dari mulut ke mulut namun sangat penting melalui internet. Karena jangkauannya tidak hanya nasional tapi juga luar negeri.

Ketiga, kerajinan. Seperti bambu, logam, kulit, rotan, dan sebagainya. Keempat, desain. Industri spanduk saat ini salah satu peluang ekonomi yang sangat menggairahkan. Berapa banyak orang berlomba-lomba mengadakan acara? Tentu tidak terhitung. Oleh karena itu dibutuhkan desainer handal guna lebih banyak menarik masyarakat membuat iklan atau spanduk.

Dan masih banyak lagi peluang ekonomi lain yang dapat dikembangkan. Hanya saja menurut Bli Bi, ada lima hal  yang perlu diingat ketika membangun usaha. 

1. Akuntabilitas dan responsibility. Dapat dipertanggungjawabkan apa yang diusahakan. Tidak main-main.

 

Baca Juga :


2. Fokus pasar penjualan. Artinya segmentasi yang akan ditujukan apakah pada umur tertentu atau tidak.

3. Fokus bentuk usahanya. Usahakan tentukan terlebih dahulu usaha apa yang akan dikerjakan. Sehingga pada saat pengerjaannya lebih maksimal.

4. Fokus bentuk produknya. Produknya harus jelas. Kalau produknya handphone ya cukup handphone saja.

5. Revisi. Jika poin satu sampai empat sudah direalisasikan perlu sekali untuk direvisi. Deteksi kelemahan dan kelebihannya. Agar hasilnya             semakin baik.

Menarik sekali paparan Bli Bi tentang ekonomi kreatif melalui jejaring sosial. Semoga bermanfaat. () -05



 
KM. Taliwang

KM. Taliwang

KM Taliwang berdiri 18 Januari 2014 setelah bermetamorfosa dari komunitas rumah separuh yang mulai beraktifitas sejak April 2011 di Taliwang. Komunitas ini merupakan rumah belajar. Email: ali790601@gmail.com Hp. 081909118335

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan