logoblog

Cari

Tutup Iklan

Melon Sembalun Termahal di Jepang

Melon Sembalun Termahal di Jepang

Sembalun merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya. Tapi bukan hanya itu, Sembalun yang merupakan salah satu

Ekonomi

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
05 Juni, 2016 09:32:38
Ekonomi
Komentar: 6
Dibaca: 56652 Kali

Sembalun merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya. Tapi bukan hanya itu, Sembalun yang merupakan salah satu kawasan yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat juga terkenal dengan hasil produksi pertaniannya. Salah satu produksi pertanian Sembalun yang cukup berhasil membantu peningkatkan ekonomi masyarakat, dan sekaligus mempromosikan Sembalun ke luar daerah bahkan ke luar negeri adalah buah melon.

Selain sayur-sayuran dan strawberry, melon adalah salah satu produksi pertanian yang menjadi andalan masyarakat Sembalun. Sekitar 312,5 hektar di kawasan ini menjadi lahan pertanian untuk produksi melon, dan dikelolah oleh PT. Agrindo Nusantara. Selebihnya adalah lahan pribadi dari penduduk setempat yang turut berpartisipasi dalam mengembangkan tanaman yang bernilai mahal ini.

Buah melon yang dihasilkan di kawasan yang dingin ini memiliki keunikan tersendiri. Buah melon di kawasan ini berbeda dengan apa yang ada di kawasan lain. cita rasa berbeda serta rasanya cukup manis Buahnya tidak terlalu besar, namun daging buahnya cukup berserat. Kadar air dari buahnya pun tidak terlalu tinggi sehingga melon yang ada di kawasan wisata indah ini banyak diminati oleh pelanggan.

Johansah selaku Supervisor PT. Agrindo Nusantara menuturkan bahwa hasil buah melon Sembalun telah diekspor ke berbagai Negara tetangga, yakni ke Jepang, Singapura, Hongkong dan Thailand. “Kalau di Jepang pernah menembus harga per buah itu Rp 1,2 juta sampai Rp 1,5 Juta. Di Singapura kita juga pernah memasok harga seratus delapan puluh ribu. Tapi di dalam negeri kita hanya mampu menjualnya dengan harga 80 ribu rupiah per buah,” ujarnya.

PT. Agrindo Nusantara yang bergerak di bidang agrobisnis, yang mana  pada setiap harinya mampu memasok puluhan ton buah melon segar untuk diekspor ke luar negeri. Selain itu, mereka memasok ke sejumlah kota – kota besar di Indonesia dengan jumlah yang tidak sedikit.Kota–kota tersebut adalah Surabaya, Bandung, Malang, Denpasar-Bali, dan berbagai kota lainnya.

Namun, lahan pribadi masyarakat untuk tanaman melon kebanyakan dipasarkan di daerah sekitar yang ada di Pulau Lombok. Harganya pun tentu jauh lebih murah di banding buah melon yang diekspor ke luar daerah atau ke luar negeri. Pasokan harga di wilayah Lombok masih sekiar 20 ribu sampai dengan 30.000 rupiah perbuah.

Bentuk pemasaran lain dari buah melon di Sembalun yaitu, didagangkan di pinggir jalan raya atau pun di warung-warung pinggir jalan raya. Harganya pun sama dengan daerah sekitar yaitu berkisar 20.000 sampai dengan 30.000 per buah.

Selain di atas, Sahmat selaku kontributor pada PT. Agrindo Nusantara bertutur bahwa lahan budi daya melon seluas 312,5 hektar yang ada di Sembalun, juga dijadikan sebagai kawasan agro wisata. Olehnya itu; selain menanam melon dan srawberry, juga ditanam bunga-bunga yang super sebagai daya tarik pengunjung atau wisatawan.

 

Baca Juga :


Sahmat, “agar kawasan wisata agro Sembalun lebih hidup dan ramai untuk dikunjungi, tempat pengolahan produksi tanaman juga dirancang indah sebagai kawasan wisata agro. Selain itu, pengunjung atau wisatawan dapat difasilitasi dan membeli buah secara langsung di tempat ini,” tambahnya. () -03

 

 

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

6 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2016

    makan buah melon dapat mengencankan kulit......


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    09 Juni, 2016

    Jus melon diu Gmng enak juga


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    08 Juni, 2016

    SELAMAT BERBUKA PUASA BERSAMA JUS MELON


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    07 Juni, 2016

    Promosikan kampung anda dalam berbagai bentuk......budaya, produksi tanaman, seni, poiltik, agama, pariwisata, dll....Dengan terkenalnya ampung kita tentu jaringan kkerjasamaan


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    06 Juni, 2016

    sembalun is agrowisata


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    06 Juni, 2016

    lamun mele melon dateng jok SEmbalun.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan