logoblog

Cari

Ijin Pembangunan Gilimas Lembar Terkendala Ijin Kemenhub

Ijin Pembangunan Gilimas Lembar Terkendala Ijin Kemenhub

Perseroan Terbatas Pelindo III Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, masih menunggu perizinan rencana induk pelabuhan yang belum dikeluarkan

Ekonomi

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
19 Mei, 2016 20:29:49
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 10459 Kali

Perseroan Terbatas Pelindo III Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, masih menunggu perizinan rencana induk pelabuhan yang belum dikeluarkan Kementerian Perhubungan sebagai syarat membangun Pelabuhan Gilimas.

General Manager Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar, Baharuddin, di Lembar, Kamis, mengakui pihaknya saat ini sedang menyusun proses "detail engineering design" (DED). "Proses perizinannya yang belum turun adalah penetapan rencana induk pelabuhan (RIP) dari Kemenhub yang saat ini dalam finalisasi," tukasnya.

Pelindo Lembar akan membangun Pelabuhan Gilimas pada lahan seluas 100 hektare. Pembangunan tersebut sebagai bagian dari pengembangan Pelabuhan Lembar yang berada di sebelah timur lokasi pembangunan Pelabuhan Gilimas. Pembangunan Pelabuhan Gilimas, kata Baharuddin, sebagai bentuk komitmen Pelindo dalam pengembangan fasilitas kepelabuhanan di NTB, khususnya Pelabuhan Lembar, yaitu pembangunan terminal kapal pesiar dan peti kemas.

Pembangunan infrastruktur pelabuhan tersebut juga dilatarbelakangi Pulau Lombok, NTB, sebagai salah satu daerah wisata, sehingga salah satu programnya adalah kegiatan pesiar melalui kapal laut (kapal pesiar). "Dari dari tahun ke tahun kedatangan ke Pelabuhan Lembar menunjukan trafik yang semakin meningkat, baik arus kapal maupun penumpang," jelasnya.

 

Baca Juga :


Ditambahkan, dalam percepatan pembangunan Pelabuhan Gilimas, Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sangat mendukung percepatan tersebut. "Semoga pada semester II/2016 pelaksanaan pembangunan pelabuhan sudah dimulai," kata Baharuddin.

Menurut Baharudin, pembangunan Gilimas difokuskan sebagai tempat sandar kapal pesiar yang membawa penumpang lebih dari 2.000 orang, selain menunjang kegiatan bongkar muat barang. Selama ini, kapal-kapal pesiar yang membawa ribuan penumpang dari berbagai negara tidak bisa bersandar di Pelabuhan Lembar karena ukurannya yang relatif besar. "Selama ini, para penumpang yang sebagian besar orang lanjut usia diangkut ke daratan menggunakan sekoci," ungkap Baharuddin. (wardi) -05



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan