logoblog

Cari

Tutup Iklan

Warga By Pass BIL Berharap Kembangkan Ekonomi Kreatif

Warga By Pass BIL Berharap Kembangkan Ekonomi Kreatif

Warga pemukim di jalur By Pas Bandara Internasional Lombok mengharapkan pengembangan ekonomi kreatif. Pasalnya jalur ini dianggap strategis untuk mempromosikan hasil

Ekonomi

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
06 November, 2015 16:22:11
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 2637 Kali

Warga pemukim di jalur By Pas Bandara Internasional Lombok mengharapkan pengembangan ekonomi kreatif. Pasalnya jalur ini dianggap strategis untuk mempromosikan hasil kerajinannya. Untuk mempromosikan, warga berharap memiliki wadah di jalur BIL yang dikelola secara massif.

Harapan tersebut dikemukakakan Kades Babussalam, Kecamatan Gerung, Lombok Barat M. Zaini, S.IP mewakili warganya kepada anggota DPD RI Dapil NTB, HJ. Diah Ratu Genefi saat berkunjung ke desa yang bersebelahan dengan jalur By pass BIL. Mereka mengharapkan pada kesempatan ini untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan mensuport karena selama ini mereka merasa kesulitan untuk memasarkan hasil kerajinannya lantaran tidak ada dukungan dari berbagai elemen.

Atas permintaan tersebut, Bq. Diah Ratu Genefi  mendukung keinginan masyarakat. Menurutnya, DPD RI komite III saat ini tengah membuat rancangan Undang-undang ekonomi kreatif. Dengan adanya rancangan ini, dirinya saat ini tengah mendata desa-desa yang memiliki potensi ekonomi kreatif. Dari permintaan masyarakat tersebut, Diah berjanji menyampaikannya ke Pemkab. Lobar untuk mensuport supaya disediakan sejenis showroom agar bisa mempromosikan hasil kerajinannya.

Menurutnya, ekonomi kreatif sangat perlu digenjot karena NTB umumnya menggalakan pariwisata, tentu pariwisata ini akan membutuhkan wisata kuliner dan wisata kerajinan. Sehingga ketiga potensi disatukan maka meramaikan wisatawan berkunjung ke daerah.

Terkait, banyak pengrajin mati suri, dirinya bertekad untuk mendukung wadah promosi baik pemerintah daerah, pemerintahan desa, dan pemerintahan pusat. Selain itu, guide juga harus berkoordinasi dengan para perajin.

 

Baca Juga :


Dalam resesnya itu, anggota DPD RI ini  telah mengunjungi beberapa sentra kerajinan. Temuannya, banyak sentra kerajinan kerjasama antara guide dianggap tidak sejalan ikut mempromosikan. Sehingga, mereka ini berjalan sendiri-sendiri. Karena itu, diharapkan ada kerjasama yang baik untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif lebih terkenal.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Babussalam, Yeni Pancawati Zaini mengucapkan terima kasih atas kehadiran dalam mensuport kerajinan dan diharapkan kedepannya bisa digenjot lebih jauh terhadap perkembangan ekonomi kreatifnya. Karena, warganya memiliki potensi kreatif. Salah satu tas perempuan yang terbuat dari koran bekas berhasil dipaasarkan ke luar daerah.(wardi, emi) -01



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan