logoblog

Cari

Tembakau, Tanaman Unggulan Rensing Bat

Tembakau, Tanaman Unggulan Rensing Bat

KM- Rensing Bat - Tembakau Virginia sebagai komuditas utama masyarakat desa rensing bat dan saat ini menjadi andalan sumber pendapatan masyarakat.

Ekonomi

KM_Rensing Bat
Oleh KM_Rensing Bat
21 Agustus, 2015 08:10:40
Ekonomi
Komentar: 1
Dibaca: 23842 Kali

KM- Rensing Bat - Tembakau Virginia sebagai komuditas utama masyarakat desa rensing bat dan saat ini menjadi andalan sumber pendapatan masyarakat. terdapat sekitar 55 buah oven yang beroperasi tahun 2015 ini dari 87 oven yang ada. tembakau virginia hasil petani setempat dikeringkan secara flue cured. Tak ada petani yang mengeringkannya secara konvensional dengan sinar matahari. Karena itu, hujan tidak lagi memengaruhi pengeringan.

Masyarakat lebih cendrung untuk melakukan pengovenan sendiri untuk mendapatkan hasil dan kualitas daun kering yang bagus sebagian masyarakat kemudian dijual ke pembeli yang biasanya keliling ke rumah-rumah petani dan sebagian lainnya menjualnya ke gudang milik perusahaan langsung.

Saat ini kisaran harga daun pertama yang sudah kering berkisar antara 1.5 juta hingga 2 juta untuk daun pertama ( Daun Tanak ).Harga akan meningkat apabila panen untuk daun ke 2 sampai dengan daun pinal atau biasa mereka sebut daun poto.Biasanya daun ke 3 - 4 akan mulai harga tinggi yaitu berkisar 2,5 juta - 3 juta. (Kmi Nabbani, A-em) - 05

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    24 Agustus, 2015

    semoga semua petani tembakau tahun ini pada sukses selalu, dapat harga pasar yang membuat semuanya bisa untung.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan