logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menyebut Tembakau Teringat Lombok

Menyebut Tembakau Teringat Lombok

Menyebut tembakau, kita  teringat Lombok dengan kualitas tembakaunya  yang sangat istimewa. Tembakau Lombok dengan cita rasa dan aroma yang khas sangat

Ekonomi

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
29 April, 2015 20:39:38
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 80825 Kali

Menyebut tembakau, kita  teringat Lombok dengan kualitas tembakaunya  yang sangat istimewa. Tembakau Lombok dengan cita rasa dan aroma yang khas sangat mendukung untuk mengangkat nama harum Lombok di sektor pertanian, khususnya dalam komoditas unggulan hasil pertanian di wilayah NTB. Tembakau Lombok dengan kualitas  dan kuantitas yang sangat membaik merupakan modal yang sangat besar dalam menunjang perekonomian masyarakat setempat , sehingga sangat pantas kalau akan menduduki peringkat papan atas dalam bereperan membantu kondisi ekonomi masyarakat Lombok.

Di Lombok, khususnya  Lombok Timur, areal persawahan dan perkebunan hampir merata dengan tanaman tembakau. Daun lebat dan lebar tembakau di wilayah ini tampak subur dan menghijau. Inilah ketelatenan dari masyarakat petani tembakau dalam menjaga kualitas dan kuantitas tembakau yang mereka andalkan.

Salah satu jenis tembakau andalan di Lombok adalah tembakau Virginia. Tembakau Virginia di Lombok mampu menjadi komoditas unggulan di pullau Lombok yang menggeser beberapa unggulan tanaman lainnya, seperti kacang tanah, jagung dan kedelei. Tembakau Lombok telah menentukan standar kualitas yang sudah diakui dunia  atau lembaga internasional yang berpusat di Jerman.

Selain tembakau Virginia yang cukup terkenal di manca Negara, tembakau dirajan juga turut membuat Lombok popular di dunia agribisnis pertanian. Jenis tembakau dirajan adalah jenis tembakau yang diolah sendiri oleh masyarakat Lombok dengan system merajan dan penjemuran di bawah terik mata hari, yang lalu kemudian dikemas dalam bentuk tumpi hingga bal. Jenis tembakau yang dirajan di wilayah ini adalah tembakau kasturi, yang memilki cita rasa dan aroma yang sangat disenangi oleh “hobbies’ rokok (perokok). Tembakau kasturi ini banyak beredar dipasar, baik di Pulau Lombok, maupun di luar Lombok seperti di Bali, Jawa , bahkan di luar negeri seperti, di Malaysia, dan Singapur.

Suatu hal yang paling menabjukkan masyarakat lombok, khususnya bagi perokok adalah bahwa salah satu jenis tembakau dirajan yang memilki aroma yang paling istimewa adalah tembakau senang.Tembakau senang merupakan tembakau asli dan istimewa yang ada di Pulau Lombok. Tembakau ini banyak menjadi sorotan pembicaraan, khususnya pada kalangan pecandu rokok. Popularitas tembakau ini bukan hanya di Lombok, melainkan terkenal sampai di manca Negara, seperti di kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, Amerika, dan bahkan sampai di kawasan Eropah.

Cita rasa dan aroma dari tembakau senang sangat berbeda dengan tembaku lain. Hal inilah yang menyebabkan kalau setiap konsumen tembakau yang pernah mencoba cita rasa dan aroma tembakau ini akan  merasa puas dan takjub. Azmi asal Selong (juragam tembakau) mengatakan “ tembakau senang sangat luar biasa dan sangat istimewa. Belum ada tembakau lain yang bisa menandingi tembakau senang ini. Sekali mencoba pasti sangat puas dan kita merasa tidak ada lagi tembakau yang bagus., kecuali tembakau senang”.

Ketakjuban tembakau senang yang sangat luar biasa di mata pecandu rokok, sehingga terkadang bermunculan tembakau senang tiruan. Warna tembakau kasturi dan tembakau senang yaitu sama, terkadang coklat dan terkadang kuning. Namun sangat dibedakan oleh cita rasa dan aromanya. Olehnya itu, untuk mendapatkan tembakau senang yang asli hanya dapat diperoleh di wilayah bagian timur Pulau Lombok, yaitu di Dusun Senang, Desa Batuyang, Kecamatan Pringga Baya, Kabupaten Lombok Timur. Jadi sudah tergambar juga bahwa julukan tembakau senang diambil dari nama dusun dari areal penanaman tembakau ini.

 

Baca Juga :


Dalam proses penanaman tembakau senang, benih tembakau  harus diambil dari bibit asli tembakau senang. Begitu pun juga lokasi penanamannya harus di wilayah Senang. Untuk pembudidayaannya dibutuhkan  ketekunan dan perawatan yang baik agar dapat menghasilkan daun tembakau senang yang tetap istimewa dan langkah.Sedangkan lokasi atau areal penanaman tembakau senang hanya terdiri dari 4 hektar are.

Bicara tentang cita rasa dan aroma harum yang khas dari tembakau senang ini, sampai saat ini belum dapat diketahui dengan jelas tentang hal-hal yang melatarbelakanginya. Begitu pun juga tentang hal yang menyebabkan kalau hanya areal tanah yang ada di Dusun Senang dapat menghasilkan tembakau luar biasa itu. Lebih tepatnya kalau dikatakan ‘sesuatu yang ajaib’ dan menakjubkan.

Terkait dengan hal di atas bahwa sebenanya  kondisi tanah yang ada di areal penanaman tembakau senang ini memiliki warna agak kemerahan. Selain itu, areal tembakau senang ini memilki bentuk fisik yang rata.

Menurut Azmi (juragam tembakau) asal Selong bahwa bicara hasil panen dalam segi kuantitas, pada areal tembakau yang rata ini mampu menhghasilkan 100 bal tembakau per hektar. Dalam arti bahwa untuk 4 ha pertahunnya mampu menghasilkan 400 bal tembakau. Di sisi lain dibahasakan bahwa dalam satu bal berisi 20 tumpi, petani tembakau menjual seharga 600 juta sampai 800 juta setahun. Sedangkan untuk pemasaran kebanyakan tembakau ini diedarkan  di Bali dan sekitarnya. Khusuisnya di Wilayah Bali, tembakau senang ini diedarkan di pusat perbelanjaan, seperti di toko atau supermarket, sehingga tidaklah mengherankan kalau wisatawan-wisatawan dari manca Negara cukup mengenal jenis tembakau yang sangat istimewa ini.

Lanjut bicara dari Azmi bahwa bahwa masalah pemasaran dari tembakau senang ini memang sangat luar penghasilannya. Jika tembakau istimewa ini sudah masuk di toko akan dihargai 500. 000 rupiah per tumpi. Beda dengan di pasar, yang mana hanya berkisar 100.000 per tumpi. [] - 05



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan