logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sistim Jajajar Legowo Tingkatkan Produksi Panen

Sistim Jajajar Legowo Tingkatkan Produksi Panen

KM. Portal Himpas, - Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, gencar melakukan penyuluhan pola tanam sistim Jajar

Ekonomi

KM. Portal Himpas
Oleh KM. Portal Himpas
28 September, 2014 23:21:34
Ekonomi
Komentar: 2
Dibaca: 5179 Kali

KM. Portal Himpas, - Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, gencar melakukan penyuluhan pola tanam sistim Jajar Legowo kepada sejumlah petani di Kecamatan Monta, karena dari hasil penelitian pola ini dianggap mampu meningkatkan produksi petani.

Kepala BP3K Kecamatan Monta, Sudirman, A.Md menjelaskan, Jajar legowo merupakan penataan tanaman padi dengan cara mengatur jarak tanam sedemikian rupa sehingga populasai optimal dan jumlah tanaman yang mendapatkan efek pinggir lebih banyak dibanding jarak tanam biasa. “Inti dari sistim tanam ini adalah memeperbanyak tanaman pinggir dengan harapan pertumbuhannya lebih bagus dan hasilnya akan lebih tinggi,” jelasnya di Kantor setempat.

Selain itu, dari hasil penelitian membuktikan, salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah jarak tanam. Jarak tanam yang rapat mengakibatkan persaingan antar individu tanaman. Persaingan terjadi karena sinar matahari yang diterima sedikit. Sistem tanam jajar legowo merupakan inovasi pola bertanam dengan berselang seling antara dua atau lebih baris tanaman padi dan diselingi satu baris yang kosong.

Seperti kita ketahui  katanya, tanaman padi yang berada dipinggir akan menghasilkan produksi lebih tinggi dan kualitas gabah yang lebih baik hal ini disebabkan karena tanaman tepi akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. “Ini artinya, jika rumpun-rumpun yang ada di pinggir semakin banyak maka hasilnya juga akan lebih banyak,” terangnya.

Sedangkan untuk meningkatkan hasil produksi petani menjelang Musim Kemarau Dua (MK2),  BP3K Kecamatan Monta gencar melakukan penyuluhan dan penerapan cara menanam sistim jajar legowo kepada petani. Terbukti beberapa bulan terakhir  para penyuluh pertanian mendatangi lokasi persawahan warga yang telah siap tanam untuk memberikan penyuluhan dan mempraktekan cara tanam sistim jajar legowo bersama pemilik lahan. “Kami akan memberikan contoh, setelah mereka paham bahka mereka yang meminta untuk melanjutkan sendiri,” tuturnya.

 

Baca Juga :


Selain itu, beberapa kendala yang dihadapi selama ini adalah adanya penilaian masyarakat bahwa cara tanam sistim jajar legowo dianggap ribet dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Dengan alasan tersebut kami siap turun lapangan untuk membantu petani karena memang jajar legowo merupan penyuluhan sekaligus penerapan. “Sehingga tidak ada lagi alasan petani untuk tidak menerapkan sistim jajar legowo karena yang kita anjurkan adalah demi untuk meningkatkan hasil produksi petani,” katanya.

Pria kelahiran Desa Sakuru ini mengaku, sudah hampir 30 persen petani di wilayah Kecamatan Monta yang telah menerapkan pola tanam sistim jajar legowo terutama di Monta bagian Utara seperti di Desa Sie, Tangga, Sakuru dan Pela “Untuk desa-desa lainnya kita akan sesuaikan dengan jadwal tanam, karena masing-masing desa memiliki jadwal dan pola tanam yang berbeda,” katanya, Sabtu (27/9). [AL] - 05



 
KM. Portal Himpas

KM. Portal Himpas

Koordinator: Al Furqan M. Nur Alamat: Jl. Lintas Parado Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima Prov. NTB URL: http://himpas-institute.blogspot.com/ email: himpas.bersatu@gmail.com HP: 082342180000

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. Husnanidiaty Nurdin

    Husnanidiaty Nurdin

    10 Oktober, 2014

    Kami sampaikan Terima kasih dan pernghargaan atas respon dari teman-teman penyuluh dan petani di kecamatan monta dalam menerapkan sistem tanam jajar legowo. Dengan penerapan Jajar Legowo kita berharap target swasembada beras berkelanjutan dan surplus beras 10 juta terwujud. Amin.. Selamat berkerja dan tetap semangat


  • KM LENGGE

    KM LENGGE

    29 September, 2014

    SANGAT PENTING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI HASIL PERTANIAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI KITA


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan