logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kerajinan Anyaman Bambu di Gunung Sari

Kerajinan Anyaman Bambu di Gunung Sari

Lombok merupakan pulau yang terletak di Nusa tenggara barat. Pulau ini terkenal sampai ke manca negara dengan keindahan alamnya. Namun ternyata

Ekonomi

KM. CAKRANEGARA
Oleh KM. CAKRANEGARA
16 September, 2014 06:10:40
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 58825 Kali

Lombok merupakan pulau yang terletak di Nusa tenggara barat. Pulau ini terkenal sampai ke manca negara dengan keindahan alamnya. Namun ternyata Lombok tidak hanya menawarkan keindahan alamnya semata, namun juga berbagai karya seni sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Pulau Lombok. Beberapa hari yang lalu saya mendapat tugas mata kuliah keterampilan kerajinan tangan untuk mengunjungi sentra-sentra industri kerajinan di Lombok.

Di Pulau Lombok tentu sangat banyak tempat-tempat industri kerajinan yang bisa dikunjungi. Maka saya mengunjungi tempat industri anyaman “Wahana Bambu Wilis “ yang terletak didesa Dasan Bare, Gunung Sari, Lombok Barat.

Di tempat industri memproduksi beraneka ragam jenis anyaman dari bambu seperti tempat sepatu, sarang burung,tempat lampu, ayunan bayi, kursi, meja, sofa bambu, sangkar ayam, dan lain sebagainya.

Anyaman merupakan suatu produk yang dihasilkan dari kegiatan mengatur bilah-bilah seperti pandan, bambu, dan bahan lainnya tindih menindih atau silang  menyilang.

 

Baca Juga :


Seni kerajinan tangan anyaman adalah karya yang unik dan rumit proses pembuatannya. Namun usaha untuk mempertahankannya harus di teruskan agar tidak termakan oleh perkembangan zaman. Budaya bangsa bukan hanya di lihat dari bahasa dan ragamnya saja, tetapi juga di lihat dari hasil karyanya yang bermutu tinggi. Warisan budaya yang unik ini harus selalu di terus di pertahankan, lestarikan dan di manfaatkan bersama. [] - 02



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan