logoblog

Cari

Hasil Produksi Meningkat, Harga Beras Menurun

Hasil Produksi Meningkat, Harga Beras Menurun

KM-Madapangga—Di musim kemarau (MK1) April 2014 ini, bagi sebagian petani yang memiliki lahan tadah hujan, telah berakhir masa panen. Namun bagi

Ekonomi

KM Madapangga
Oleh KM Madapangga
27 April, 2014 20:18:04
Ekonomi
Komentar: 1
Dibaca: 20872 Kali

KM-Madapangga—Di musim kemarau (MK1) April 2014 ini, bagi sebagian petani yang memiliki lahan tadah hujan, telah berakhir masa panen. Namun bagi petani yang memiliki sawah produktif, tengah memasuki masa panennya. Bahkan ada pula yang mulai mengarap lahan mereka untuk menanam kembali tanaman padi.

            Hasil produksi pun juga meningkat, dibanding panen di musim penhujang beberapa bulan lalu. Bahkan meningkatnya hasil produksi pertanian khusunya di wilayah kecamatan Madapangga ini, berpengaruh pada harga jual gabah maupun beras di masyarakat.

            Di desa Bolo kecamatan Madapangga misalnya. Para petani yang memiliki lahan sawah produktif, sedang melakukan panen—bahkan sebagian sudah selesai panen. Hal ini terjadi di so Lareo desa Bolo, kecamatan Madapangga.

            Sebaliknya, dari meningkat hasil produksi pertanian tersebut, harga jual eceran beras di perkampungan warga menurun hingga Rp6.300 per kilo, dibanding harga sebelumnya mencapai Rp8.000 per kilogram.

 

Baca Juga :


Begitupun kebutuhan daya jual beras yang menjadi makanan pokok sehari-hari ini, masih mudah diperoleh dan dengan harga yang terjangkau. Meningkatnya hasil produksi pertanian ini juga berpengaruh pada pendistribusian beras miskin atau dikenal dengan Raskin. Dimana tahun ini sedikit terlambat pendistribusiannya dibanding tahun lalu. Hal ini juga arena dipegaruhi salah satu faktor dari hasil pertanian yang cukup melimpah.

Meski dengan meningkatnya hasil produksi pertanian di Madapangga—tak mempengaruhi animo kelompok warga masyarakat di desa Bolo untuk ke luar daerah menjadi buruh tani di daerah seberang, kabupaten Sumbawa. Mungkin saja tujuan itu dimaksud untuk mencari stock tambahan sebagai persiapan atau cadangan beras untuk kebutuhan beberapa bulan kedepan, termasuk pada bulan Ramadhan Juni 2014 mendatang.(sri) - 01



 
KM Madapangga

KM Madapangga

"Kesalahan bukan berarti kita tak mampu merubah sesuatu yang menjadi tujuan hidup" Ketua : Rini Suryani Anggota : Habe, Muhsen, Suharmini, Muhdar email : kmmadapangga@ymail.com Handphone : (+62) 85253570847

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    28 April, 2014

    masalah ini yang tidak pernah tuntas didiskusikan, selalu saja harga hasil pertanian itu turun,padahal kalau ada systim yang tepat, maka harga itu tidak akan pernah bisa dipengaruhi oleh melimpah atau tidak melimpah, tapi harus tetap berdasarkan biaya produksi.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan