logoblog

Cari

PT. SMS Siap Bangun Ekonomi Masyarakat

PT. SMS Siap Bangun Ekonomi Masyarakat

KM Manggelewa - PT. Sukses Mantap Sejahtera atau yang populer dengan singkatan PT. SMS merupakan salah satu perusahaan yang berinvestasi di

Ekonomi

KM. Manggelewa
Oleh KM. Manggelewa
18 Februari, 2014 15:18:05
Ekonomi
Komentar: 0
Dibaca: 31865 Kali

KM Manggelewa - PT. Sukses Mantap Sejahtera atau yang populer dengan singkatan PT. SMS merupakan salah satu perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Dompu, tepatnya di Kecamatan Pekat. Investasi PT. SMS bergerak pada bidang pertanian dan peternakan yang berbasis agro industry.
Dari segi pemanfataan lahan, saat ini PT. SMS menguasai lebih kurang 6 ribu hektar untuk penanaman Bibit Tebu, dimana lahan tersebut berasal dari PT. BA (Bali Anacardia) sekitar 5500 Hektar dengan masa deadline penguasaan sampai tahun 2023 mendatang, dan dari PTJ sekitar 1100 Hektar luas lahan yang akan berakhir pada tahun 2018. Berdasarkan kebutuhan riil untuk pemanfaatan lahan, menurut Bussines Development PT. SMS Kiky Wilisata yang berhasil dikonfirmasi di Base Campnya mengatakan sebenarnya perusahaannya membutuhkan lahan sekitar Dua belas ribu hektar. Walaupun demikian, pihaknya selalu mencari alternatif dengan tetap mempertimbangan kelangsung-an hidup ekonomi masyarakat, dimana PT yang dikomandannya mengajak masyarakat sebagai mitra, sehingga keberadaan perusahaan kami menurut Kiky harus berkontribusi positif untuk membangun masyarakat.
Ketika kami mengajak masyarakat untuk bermitra, kami memberikan dorongan yang besar bagi mereka kata Kiky. Dorongan tersebut katanya berupa pemberian bantuan bibit, pagar, dan pemeliharaan. Dalam hal bantuan tersebut, untuk saat ini baru pada proses penanaman untuk bibit tebu, dengan variasi bantuan yang diberikan berkisar antara Satu juta hingga Empat juta rupiah. Setelah petani berhasil menanam, maka kami yang akan membeli kembali. Alhamdulillah lanjutnya, saat ini masyarakat sudah memanen tiga kali, dan masyarakat merasakan dampak positif dalam peningkatan pendapatan mereka.
Bantuan bibit yang diberikan oleh PT. SMS kepada masyarakat merupakan bibit yang berasal dari Pasuruan Jawa Timur berdasarkan rekomendasi dari Pusat Penelitian Pabrik Gula Indonesia {P3I}, aku Kiki.
Pada bulan Februari tahun ini, kami akan mulai membangun Pablik Gula yang akan berakhir pada Agustus 2015 mendatang. Dalam rentang waktu tersebut, diusahakan bahwa panen Tebu sudah menembus sesuai kebutuhan riil pemanfataan lahan, dan kami juga terus melakukan ekspansi perluasan lahan untuk penanaman Tebu. Semakin luas lahan yang dibutuhkan, maka semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, atau semakin banyak masyarakat yang akan bertani produktif, selain untuk mendukung proses penanaman hingga produksi, kami juga akan membangun Embung seluas lapangan Bola, sebagai media penampungan air cadangan ketika terjadi musim kemarau.
Banyak hal yang dilakukan oleh kami. Selain yang sudah disebutkan diatas, program pembangunan ini juga akan mengembangkan pemba-ngunan pertanian ter-integrasi. Artinya, hasil dari pucuk jagung yang menjadi limbah, maka kami akan mengubahnya menjadi pakan ternak yang sangat baik untuk menambah berat badan ternak, sehingga isu pencemaran lingkungan yang berakibat negatif terhadap kelangsungan hidup ternak sekitar tidak akan terjadi.
Selain itu, yang tidak kalah penting dilakukan dan sudah menjadi aturan main, program Corporate Social Responsibility {CSR} berupa pembangunan masjid dan mushola, pos kesdes, pengembangan kegiatan kepemudaan, agama dan social tetap dilakukan.
Kesimpulannya, bahwa PT. SMS dalam berinvestasi membangun masyarakat tetap mengacu pada aturan main, memperhatikan kondisi sosial, budaya dan geografis setempat, tetap menjaga kelestarian lingkungan, dan yang lebih penting adalah mendorong perekonomian masyarakat.

 

Baca Juga :




 
KM. Manggelewa

KM. Manggelewa

Nama ; Opick Manggelewa Alamat : Manggelewa - Dompu - NTB Kordinator Kampung media manggelewa - dompu - NTB 081 337 202 155 Email kampungmedia_manggelewa@yahoo.com opick_manggelewa@yahoo.co.id. opik.manggelewa@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan